Biology's Orchid Study Club-Fakultas Biologi, Universitas Gadjah Mada

Biology’s Orchid Study Club atau yang sering disebut BiOSC merupakan kelompok studi di Fakultas Biologi yang bergerak dalam bidang ke-anggrek-an. Organisasi termuda di Fakultas Biologi ini terus eksis dalam usaha pembudidayaan anggrek, konsisten dalam hal konservasi anggrek di alam, dan terus berusaha aktif dalam kegiatan penelitian untuk memberi inovasi-inovasi baru dalam bidangnya. Kelompok studi ini dibentuk oleh Izzur dan kawan-kawan pada akhir Oktober 2005 dan diresmikan oleh Dekan Fakultas Biologi pada tanggal 1 Februari 2006 pada acara Launching dan Studium Generale BiOSC. Kelahiran BiOSC dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa Fakultas Biologi maupun fakultas lain yang tertarik dalam bidang ke-anggrek-an dan kejayaan masa lalu dimana fakultas Biologi merupakan pusat dari PAI (Perhimpunan Anggrek Indonesia) serta fakta bahwa Fakultas Biologi UGM merupakan pusat studi anggrek dalam bidang bioteknologi dan penelitian.
BiOSC didirikan dengan tujuan antara lain memberikan wadah kegiatan dan informasi bagi mahasiswa Fakultas Biologi UGM yang berminat akan studi tentang penelitian, pelestarian dan budidaya anggrek dan mengupayakan konservasi atau pelestarian anggrek-anggrek liar di Indonesia (khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta) serta membantu mengembangkan laboratorium Kultur Jaringan Tumbuhan khususnya bidang Orchidologi dan laboratorium Sistematik Tumbuhan Fakultas Biologi UGM.
Kegiatan rutin BiOSC misalnya kuliah intern tentang anggrek, compotting (memindah bayi anggrek dari botol), recompotting, labelling, anggrekisasi di kebun Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Dan kegiatan BiOSC yang terlaksana pada bulan terakhir ini di antaranya adalah ekspedisi ke bukit cokro, mengikuti acara longmarch dalam rangka hari bumi, pelaksanaan diklat dasar untuk anggota baru serta diklat lanjut untuk peningkatan pendidikan angkatan muda. Selain itu juga dilaksanakan penanaman anggrek bersama di Fakultas Biologi dalam rangka Ultah BiOSC. Dalam waktu dekat ini rencananya akan dilakukan publikasi di seminar nasional dan juga penyusunan proposal PKM oleh anggota dari BiOSC. Dalam kegiatannya BiOSC bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Sistematik Tumbuhan, Perhimpunan anggrek Indonesia, Balai Konservasi Sumberdaya Alam dan Dinas Kehutanan. Jadi BiOSC tidak hanya bergerak dalam bidang ke-anggrek-an, tapi juga aktif di bidang akademik dan bergerak luas ke masyarakat luar.
Dalam mewujudkan Visinya yakni mewujudkan BiOSC sebagai organisasi yang mampu melestarikan dan mengembangkan anggrek di Indonesia, BiOSC membuka luas keanggotaan yang dihimpun dengan tujuan bersama yaitu mengembangkan khasanah keilmuan, pelestarian anggrek dan kewirausahaan bagi anggota BiOSC secara khusus dan masyarakat umum secara umum. BiOSC terbuka untuk mahasiswa Fakultas Biologi UGM dan mahasiswa fakultas lain di lingkungan Universitas Gadjah Mada yang mempunyai minat dalam hal penelitian, pelestarian dan budidaya anggrek. Untuk siapa saja yang tertarik untuk berjuang bersama dalam berorganisasi dan berkontribusi lebih dalam bidang ke-anggrek-an, BiOSC merupakan wadah yang sangat tepat!!

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post