DIKLAT LANJUT 2016: REACH HIGHER FOR ORCHID'S FUTURE!

BiOSC, Yogyakarta. Saat ini Anggota Muda AD X BiOSC sedang mengikuti rangkaian Pendidikan dan Pelatihan Lanjut untuk mempersiapkan sebelum dibagi ke 3 Divisi keilmuan, yaitu Divisi Penelitian, Divisi Budidaya dan Divisi Konservasi. Rangkaian DikJut ini diawali dengan Meet and Greet peserta Dikjut pada hari Jum’at, 25 Maret 2016, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan BIG (Big Intensive Group) dan SIG (Small Intensive Group).

Pada hari Sabtu, 09 April 2016 telah dilaksanakan BIG dan SIG Divisi Penelitian. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00-16.00 WIB. Kegiatan ini terdiri dari pematerian di luar ruangan dan pematerian di dalam ruangan. Pematerian di dalam ruangan meliputi penjelasan tentang terminologi anggrek, penjelasan fotografi dan ilustrasi, karakter anggrek dan penjelasan pembuatan herbarium. Sedangkan untuk pematerian diluar ruangan lebih mengarah kepada praktek dari penjelasan pematerian didalam ruangan. Pematerian diluar ruangan para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tiap kelompok menempati pos yang telah dijaga untuk mempraktikkan hasil yang diperoleh selama pematerian didalam ruangan. Pos terdiri dari pos herbarium, pos identifikasi anggrek, pos fotografi dan pos sketsa. Semua kelompok akan mendapatkan arahan dari penjaga pos dan semua kelompok akan bergantian mendapat ilmu dari masing-masing pos.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kita tentang katakter anggrek sehingga kita dapat mengidentifikasi anggrek dengan benar, cara fotografi dan sketsa yang baik dan benar, dan cara membuat herbarium. Dan semoga dengan adanya pematerian dan praktik langsung ini, kita bisa mengaplikasikan ilmu ini dengan baik.

Rangkaian Diklat Lanjut setelah BIG dan SIG PENELITIAN adalah BIG dan SIG BUDIDAYA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 April 2016. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 08.00-16.00 WIB. Sama halnya seperti divisi penelitian, kegiatan ini juga dibagi menjadi 2 yakni BIG dan SIG. Big Intensif Grup dilaksanakan di dalam ruangan, para peserta diberikan materi-materi mengenai divisi budidaya yang kemudian akan diaplikasikan pada SIG (Small intensif grup). SIG dilakukan diluar ruangan dan dibuat pos. Kemudian tiap-tiap kelompok akan mendapatkan ilmu dan mempraktikannya di masing-masing pos secara bergantian.

Kegiatan SIG dan BIG BUDIDAYA bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta tentang bagaimana membudidayakan dan memperbanyak anggerek dengan baik dan tepat.


Rangkaian selanjutnya adalah BIG dan SIG KONSERVASI. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 April 2016. Kegiatan berlangsung dari pukul 08.00-16.00. sama halnya dengan rangkaian BIG dan SIG sebelumnya, kegiatan ini juga dibagi atas Big Intensif Grup dan Small Intensif grup. SIG dibagi beberapa pos yang terdiri dari pos presentasi, GPS, tenda dan bivak, dan pos pertolongan pertama pada kecelakaan. Kegiatan ini bertujuan agar peserta dapat mengaplikasikan apa yang didapat sewaktu diklat lapangan.

Setelah kegiatan BIG dan SIG dari 3 Divisi, pada tanggal 20 Mei lalu, peserta telah mengikuti Techinal Meeting sebelum dilaksanakannya kegiatan Diklat Lapangan, sebagai persiapan sebelum benar-benar terjun ke lapangan. Karena, Diklat Lapangan akan segera dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2016 mendatang.

DIKLAT LANJUT BiOSC 2016! Reach Higher For Orchid's Future!

PESERTA DIKJUT 2016 SETELAH BIG DAN SIG KONSERVASI

 EVALUASI AKBAR

 BIG DAN SIG DIVISI BUDIDAYA

 BIG DAN SIG DIVISI PENELITIAN

TECHNICAL MEETING DIKLAP

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post